Selasa, 31 Mei 2011

membuat masakan Timlo Solo

Jika Anda sampai ke kota Solo, cobalah untuk mencicipi segarnya timlo. Sekilas, masakan ini sekilas bumbu dan kuahnya mirip sup namun isi dan rasanya sangat khas. Hidangan yang terdiri atas racikan soun, jamur kuping, wortel, kacang kapri, kembang gayam, sosis jawa dan terakhir disiram kuah panas menjadikannya sangat lezat untuk dinikmati.
Tak jarang banyak juga warung-warung hingga restoran menyajikan masakan ini, sebagai klangenan. Banyak juga yang memberi variasi dengan diberi irisan jerohan ayam negeri, sedikit berlemak tapi tetap segar. Sesekali, tidak masalah kan?
Bahan :
2 bh dada ayam, rebus dengan air hingga matang, 1 dada ayam disuwir-suwir untuk dibuat ayam timlo, 1 dada ayam dipotong kotak-kotak untuk dibuat sosis solo.
Bumbu Ayam Timlo :
3 bawang putih, geprek, haluskan
2 sdm bawang bombay iris halus
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
merica dan garam secukupnya
75 ml kaldu ayam
2 sdm olive oil
Cara Membuat :
Tumis bawang putih, bawang bombai hingga harum, masukkan suwiran dada ayam, beri air kaldu ayam, kecap asin, kecap manis, merica dan garam, aduk-aduk sampai matang. Angkat.
Bahan Sosis Solo :
3 bawang putih, geprek, haluskan.
Garam & merica secukupnya
½ cup tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas untuk campuran kulit
2 sdm santan kental
½ cup air
1 butir telur, kocok lepas untuk celupan sebelum digoreng (aku nggak pakai, karena sosis solonya nggak tak goreng lagi)
Cara Membuat :
Tumis bawang putih, masukkan ayam yang sudah dipotong kotak-kotak, beri garam dan merica, beri sedikit air kaldu, aduk hingga matang, angkat menjadi adonan isi.
Campur tepung terigu, telur, santan, garam, aduk dengan garpu, tambah air sedikit demi sedikit hingga adonan licin dan tidak menggumpal, bila adonan masih terasa kental dapat ditambah air lagi, hingga menjadi adonan dadar.
Siapkan wajan anti lengket, olesi minyak, beri adonan dadar 1 sendok sayur ukuran agak besar, setelah matang, angkat, isi tengahnya dengan adonan isis. Gulung, hingga bentuknya bulat panjang.
Celup dalam telur yang sudah dikocok, dan goreng hingga berwarna kuning. (tahap ini aku nggak kerjakan, karena lagi mengurangi makanan berminyak).
Bahan Telur Kecap :
3 buah telur yang sudah direbus dan dikuliti
2 bawang putih, geprek, haluskan
100 ml air kaldu
3 sdm kecap manis
garam dan merica secukupnya
Cara Membuat :
Didihkan air kaldu bersama telur, kecap manis, bawang putih, beri garam dan merica secukupnya, biarkan hingga air menyusut, gunakan api kecil. Setelah air menyusut dan telur berwarna coklat. angkat.
Bahan Kuah Timlo :
4 bawang putih, geprek, haluskan
air kaldu bekas merebus ayam
garam dan merica secukupnya
1 batang daun bawang, iris halus
Cara Membuat :
Tumis bawang putih hingga harum, masukkan air kaldu, beri garam dan merica. Angkat, beri irisan daun bawang.
Bahan Sambal Kecap :
6 buah cabe rawit, iris-iris
3 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis.
Cara Membuat :
Campur semua bahan sambal kecap. Sajikan.
Pelengkap :
Soun secukupnya dan 1 lbr Kembang Tahu potong-potong, ikat satu sama lain, masukkan dulu pada air mendidih hingga lunak, tiriskan
Cara Menghidangkan :
Ambil mangkuk, beri soun, kembang tahu, ayam timlo, sosis solo iris (lebar irisan 1 cm), telur kecap iris, siram dengan kuah timlo yang panas dan dimakan dengan sambal kecap yang pedas.

sumber :

0 komentar:

Posting Komentar