Minggu, 12 Juni 2011

Wedang Asle Khas Solo

Kali ini akan kami sajikan sebuah minuman yang hampir langka, namanya “Wedang Asle”. Jajanan khas Solo yang sangat pas dinikmati ketika musim hujan. Rasanya manis. Isinya ada potongan roti tawar, agar-agar, ketan lalu dikasih santan kelapa. Minuman yang hanya dijumpai di kota Solo, merupakan minuman yang enak dinikmati saat malam hari, tapi ada juga yang jualan di siang hari. Biasanya penjual wedang asle juga menjual wedang ronde.
Mari kita mencoba bersama-sama membuat sendiri Wedang Asle dengan bahan yang relative sederhana:
1. Beras ketan putih secukupnya, ditanak terlebih dahulu.
2. Agar-agar warna terserah tergantung warna kesukaan, tapi biasanya warnanya merah pink .
3. Santan kelapa, bebas, boleh dari kelapa segar yang dibuat santan, boleh dari santan kemasan, ditambah sedikit garam, dimasak sampai mendidih sambil terus diaduk.
4. roti tawar, yang murah aja, jangan yang mahal, nanti tekor, khan ini judulnya minuman murah meriah; diiris persegi ukuran terserah asal jangan terlalu kecil aja.
5. gula pasir, harus yang pasir lho, jangan gula halus, nanti beda efek rasanya.
Cara meraciknya gampang banget: siapkan mangkuk, isi dengan satu sendok makan ketan putih, taburi satu sendok makan gula pasir, masukkan beberapa potong roti tawar, taburi di atasnya dengan agar-agar yang dipotong dadu , terakhir siram dengan santan panas.
Selamat Mencoba…!!!!

sumber :

0 komentar:

Posting Komentar