Minggu, 12 Juni 2011

Kreasi Es Teler, Minuman Murah Terpopuler

Saat udara panas seperti ini sajian yang dingin dan segar pastilah yang menjadi incaran kita. Aneka es buah atau es campur bisa menjadi sajian yang enak. Apa saja ya bahan campuran untuk es buah ataupun es campur yang tidak membosankan? Apakah bisa menyajikan es campur yang sehat? Cobalah simak info berikut ini!!!
Campuran: Dinamakan es campur karena bahan-bahannya bisa dicampur sesuai selera. Bahan-bahan yang biasa dijadikan campuran antara lain aneka buah segar, aneka manisan buah (kolang-kaling, nanas, ceri) dan aneka produk olahan (nata de coco, rumput laut, cincau, pacar cina, cendok, tapi ketan, tapai singkong) ditambah aneka sirop buah dan es batu.
Buah Segar: Sebagai campuran es, buah segar bukan hanya enak tetapi juga menyehatkan. Buah segar ini memberi asupan serat, vitamin dan mineral. Sesuaikan jenis buah ini berdasarkan rasanya. Padukan buah dengan rasa manis dan asam agar rasanya selalu memikat. Juga padukan buah dengan warna-warna kontras agar memikat mata. Lebih sehat lagi jika kuah untuk es campur ini memakai jus buah segar seperti jeruk, mangga atau apel.
Bahan Olahan : Umumnya bahan olahan untuk es campur memakai bahan yang dimasak dengan gula atau mengandung gula sehingga rasanya manis dan kalorinya cukup tinggi. Akibatnya jika dimakan akan memberi rasa kenyang dengan cepat. Misalnya, cincau manis, manisan kolang-kaling, nata de coco, aneka jelly, tapai dan aneka manisan buah lainnya. Ada baiknya jangan terlalu banyak memakai campuran bahan ini. Cukup 2-3 jenis dicampur dengan buah segar sehingga rasanya lebih seimbang.
Kuah : Es campur biasanya memakai kuah berupa air masak yang dicampur dengan sirop buah. Jika ingin sedikit berbeda, gunakan jus buah segar sebagai campuran seperti jus jeruk, jus jambu, jus leci atau jus mangga. Selain mengurangi kandungan gula juga lebih sehat. Saat membuat kuahnya jangan terlalu encer karena akan ditambahkan es batu. Alternatif lainnya, memakai berbagai air soda manis sebagai campuran. Jika memakai air soda sebaiknya ditambahkan saat akan disajikan hingga rasanya lebih menggigit.
Aksen Rasa : Untuk memberi sensasi yang berbeda bisa ditambahkan bahan lain seperti irisan daun mint, kacang tanah sangrai yang dicincang atau biji kacang hijau rebus. Rasa dan tekstur yang berbeda akan membuat rasa es campur lebih sensasional.
Bahan:
1 bh      kelapa muda, keruk dagingnya
1 bh      alpukat, keruk dagingnya
10 bj     nangka, iris tipis
15 bj     kolang-kaling manis, iris tipis
500 ml  simpel sirup
5 sdm   susu kental manis
5 sdm   sirup merah
Es serut, secukupnya
Bahan simpel sirup:
400 ml  air kelapa (atau air biasa)
100 gr   gula pasir
Cara membuat:
- Buat simpel sirup dengan memasak air kelapa atau air biasa bersama gula pasir. Aduk hingga mendidih. Diamkan sampai dingin
- Taruh dalam gelas, kelapa muda, alpukat, nangka dan kolang-kaling. Tuangkan simpel sirup ke dalamnya, lalu kucuri susu kental manis, serta sirup merah
- Sajikan bersama es serut. Bisa disajikan untuk tiga hingga empat gelas.
sumber :

0 komentar:

Posting Komentar